Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan sejarah.(Pramoedya Ananta Toer)

Selasa, 10 Oktober 2017

Doa Teruntuk Orang yang Sedang Sakit

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Namanya kesehatan, kita semua tentu tidak akan sanggup memprediksinya. Kadang kala seseorang terserang penyakit supaya ia mesti beristirahat dan berobat menjalan proses penyembuhan. Dalam kondisi sakit, seseorang benar-benar butuh motivasi supaya mentalnya kuat supaya ia sanggup lekas sembuh. 




Dalam Islam, kita diajarkan untuk saling menyayangi antar sesama umat manusia. Ikatan persaudaraan yang terjalin harus kita pupuk, sehingga ketika ada teman, saudara, atau tetangga yang mengalami musibah (semisal sakit), kita bisa turut menjenguknya agar ia lebih semangat dalam melawan penyakitnya itu. Adapun Islam mengajarkan beberapa adab menjenguk orang sakit yang di dalamnya terdapat doa untuk orang sakit agar segera diberi kesembuhan. Berikut pemaparan doa untuk orang sakit tersebut seperti yang dicontohkan oleh Rosulullah SAW.


1. Doa untuk Orang Sakit Supaya Cepat Sembuh Yang Pertama

Pertama yakni doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh. Doa ini dibacakan disaat suatu saat Anda menjenguk rekan atau orang yang sakit. Doa ini dimunajatkan di dalam hati sebagai pengharapan supaya sakit yang dideritanya supaya cepat diangkat dan disembuhkan. Berikut ini lafal arab, latin, dan berarti layaknya tercantum di dalam HR. Bukhari, no. 5742 dan Muslim, no. 2191.



Latinnya : Allahumma robban naas mudzhibal baasi isyfi antasy-syaafii, laa syafiya illaa anta syifaa’an, laa yughaadiru saqoman.



Artinya: Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang sanggup menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.


2. Ucapan Doa untuk Orang Sakit



Selain doa di atas, Anda juga sanggup mengimbuhkan ucapan doa untuknya supaya mentalnya terdorong dan makin kuat. Ucapan doa ini sanggup disampaikan segera kepada orang yang sakit baik di dalam bhs arab maupun berarti saja.



Latinnya : Maa yusiibulmuslima min nashobiin walaa washobi, walaa hamma, walaa hujni, walaa adzi, walaa gomman hattasysyaukati yusyaakuha illa kaffarollohu bimaa min khotooyaah. As-alulloohal ‘adziima robbal’arsyil ‘adziimi ayyu’aafiyaka wa yusyfiyaka.



Artinya: Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, penyakit, kekhawatiran, kesedihan, gangguan, dan lebih-lebih duri yang melukainya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosa kerananya. Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, semoga berikan kesejahteraan kepada mu dan menyembuhkanmu.

3. Doa untuk Orang Sakit Supaya Diberi Kemudahan

Jika Anda mendapatkan ada orang yang sakit panas, Anda sanggup menunjang mendoakannya supaya sakit panas yang diderita sanggup sembuh. Doa untuk orang sakit panas punyai lafal sebagaimana berikut:



Latinnya : Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil ‘adziimi minsyarri ‘irqin na’aarin wa min syarri harrin naari.

Artinya : Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur berasal dari kejahatan urat yang berdarah dan berasal dari kejahatan panasnya api neraka.



Doa selanjutnya dibacakan sambil menengadahkan tangan, selanjutnya lanjut bersama membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Usapkan tangan yang sudah didoakan tadi ke wajah anak atau orang yang sakit panas. Insyaalloh panas orang yang sakit akan berangsur-angsur turun.

4. Doa untuk Orang Sakit Agar Diberi Kesembuhan

Jika yang sakit adalah diri kami sendiri, maka kami juga dianjurkan untuk berdoa memohon kesembuhan. Doa yang dibacakan sesuai hadist Rosululloh punyai lafadz bacaan, latin, dan makna sebagaimana berikut:



Latinnya : A’uudzu bi‘izzatillahi, wa qudrotihi, min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya : Aku berlindung bersama keperkasaan Allah, dan kekuasaann-Nya, berasal dari segala keburukan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.



Doa di atas dibacakan sebanyak 7 kali. Sambil memegangi bagian tubuh yang sakit, dan dimulai bersama basmalah 3 kali, bacakan doa selanjutnya untuk kesembuhan Anda. Ikhtiar pengobatan yang Anda laksanakan untuk pulih berasal dari suatu penyakit akan terasa lengkap misalnya diiringi bersama doa. Oleh karenanya, jangan pernah jenuh mengamalkan doa tersebut, dan misalnya dambakan lebih mustajab, lakukanlah sholat hajat 2 rakaat tiap tiap malam (bila mampu) dan panjatkan doa di atas bersama langkah yang serupa setelahnya.

5. Doa untuk Orang Sakit Parah


Ada kalanya seorang yang sudah tua dan sakit parah nampaknya sudah tidak tebal harapannya untuk hidup normal. Kehidupannya cuma didukung oleh peralatan kedokteran canggih supaya sebagai orang yang melihatnya layaknya kita, terasa tidak tega menyaksikan penderitaannya yang berlarut-larut benar-benar lama.

Jika Anda ada di dalam kondisi layaknya ini, berusahalah untuk mengikhlaskannya, berdoalah kepada Alloh bersama lafal doa untuk orang sakit parah selanjutnya ini.


Latinnya : Allohumma ahyinii maa anatil khyaatu khoiroolii. Watawafanii maa kanat wafaatu khoirolii.

Artinya: Ya Allah hidupkanlah dia misalnya itu lebih baik baginya. Dan matikanlah dia misalnya kematian itu lebih baik baginya.


6. Tambahan dari Penulis 

Ucapkanlah  : Bismillahirrahmaanirrohiim 3XAsyhadu alla ilaaha illallah Wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah 3X, Allahumma Shali 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Aali Sayyidina Muhammad, Laa Hawla Wa Laa Quwwata illa billaahil 'Aliyyul Adziim 3XLaa ilaaha illallah 3X.

Catatan : Tahan Perut dan Nafas kita saat mengucapkan baris per baris kalimat diatas. Lalu tiupkan ke ubun-ubun orang yang sedang sakit sebanyak 3X.



Allah tidak akan menurunkan suatu penyakit, terkecuali juga menurunkan obatnya.Insyaa Allah dengan bertawakal dan berikhtiar kepada Allah SWT dan atas izin-Nya penyakit yang sedang diderita bisa di sembuhkan, karena sesungguhnya hanya Allah lah yang mampu menyembuhkan segala penyakit. Dan satu pesan dari kami, Jangan pernah sesekali anda berputus asa, mengeluh menghadapi suatu penyakit atau masalah. Anggaplah musibah yang sedang di rasakan bentuk ujian Allah kepada kita untuk menjadikan kita menjadi manusia yang lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.



Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin Allahumma Aamiin. Doa di atas dibacakan sambil mengusap kepala orang yang sakit parah seraya meniupkan 3 kali nafas Anda ke ubun-ubunnya.(tb)


Wassalammu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar